Friday, October 19, 2012

Sejarah AutoCAD

AutoCAD adalah sebuah software untuk aplikasi computer-aided design (CAD) dan drafting. Software ini mendukung metode penggambaran 2D maupun 3D. Software ini dikembangkan dan dijual oleh Autodesk, Inc. Rilis pertama software AutoCAD ini terjadi pada Desember 1982 oleh pendiri Autodesk yaitu John Walker. AutoCAD adalah produk flagship dari Autodesk dan sejak Maret 1986 telah menjadi program CAD yang paling banyak digunakan di dunia.


AutoCAD pada awalnya lahir dari sebuah program yang bernama Interact, yang ditulis dalam bahasa berlisensi SPL oleh Michael Riddle. Versi pertamanya ini berjalan diatas komputer Marinchip Systems 9900 (Marinchip Systems dimiliki oleh para pendiri Autodesk yaitu John Walker dan Dan Drake). Walker kemudian membayar Riddle sebesar US$10 juta untuk teknologi CAD yang dia ciptakan itu.

Ketika Marinchip Software Partners (kemudian yang kini bernama Autodesk) dibentuk, para pendirinya mengambil keputusan untuk me re-code ulang Interact dengan bahasa C dan PL/1. Mereka memilih bahasa C karena pada waktu itu merupakan bahasa pemrograman yang paling besar digunakan dan sangat menjanjikan. Pada akhirnya, AutoDesk versi PL/1 tidaklah sukses sedangkan versi C yang merupakan bahasa pemrograman yang paling kompleks waktu itu berhasil diciptakan dengan bantuan compiler Lattice. Versi rilis pertama AutoCAD memiliki fitur lines, polylines, circles, arcs, dan text untuk membangun gambar kompleks. Sejak pertengahan 1990an, AutoCAD memiliki fitur custom object berkat adanya C++ Application Programming Interface (API).

AutoCAD kini mendukung basic solid modelling dan 3D tool. Adapun rilis AutoCAD 2007 membawa perubahan berupa sistem navigasi yang lebih baik ketika bekerja pada lingkungan 3D. Hal ini menjadikan AutoCAD lebih mudah ketika proses perancangan dilakukan pada mode 3D. Selain itu, engine Metal Ray pun disertakan untuk proses rendering yang lebih baik. Pada AutoCAD 2010 memiliki fitur fungsi parametrik dan mesh modelling.

Rilis terakhir AutoCAD ketika artikel ini dibuat yaitu AutoCAD 2013 dan AutoCAD 2013 for Mac. Rilis kali ini merupakan rilis AutoCAD for Windows yang ke 27 dan rilis AutoCAD for Mac yang ke tiga.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih... Sudah mampir di All About us In My Blog Semoga Bermanfaat...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags

Translate

 Subscribe in a reader

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

All About us In My Blog

↑ Grab this Headline Animator

”Belajar

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info

Entri Populer

Total Pageviews

Blog Archive